Home Blog Kampanye Kisah Emak Jani, Jompo Sebatang Kara yang Luar Biasa

Kisah Emak Jani, Jompo Sebatang Kara yang Luar Biasa

Kisah memilukan hati ini datang dari Emak Jani, lansia dhuafa berusia 70 tahun yang hidup sendirian di rumah bilik yang sudah rapuh berukuran 2×3 meter.

Sungguh pilu, di usianya yang sudah lanjut Emak Jani harus bertahan hidup di ruangan tanpa ventilasi dan kumuh. Ruangan rumahnya sangat pengap dan tidak terurus sehingga menimbulkan bermacam bau yang kurang sedap.

Semenjak kepergian suaminya beberapa puluh tahun yang lalu, Emak Jani sebatang kara.

Tak ingin berpangku tangan, untuk menyambung hidup Emak Jani harus bekerja sebagai sebagai buruh tani di sawah tetangganya.

Pekerjaan sebagai buruh tani untuk menyambung hidup, dan dibayar dua puluh ribu untuk kerja 9 jam.

Hati sangat teriris rasanya melihat Mak Jani dengan usia yang sudah jompo berjalan membungkuk dan kadang sempoyongan menuju sawah warga. “Kalau emak tidak kerja nanti tidak bisa makan, walaupun lelah teroaksa harus dilakoni” ujar Mak Jani ketika Rumpun Anak Pesisir mengunjunginya.

“Kalau emak lagi sakit dan tidak bisa bekerja terpaksa menahan lapar, kadang mak pergi cari ikan ke sawah tapi seringkali ikannya membusuk karena emak tidak punya minyak dan api untuk memasaknya,” lanjut emak cerita

Dua puluh tahun lalu emak berhenti bekerja jadi pembantu rumah tangga di Jakarta, karena sudah tua dan tenaga sudah berkurang.

Hari ini Rumpun Anak Pesisir sengaja datang menemui emak Jani di rumahnya. Untuk masuk ke rumah, Emak Empat harus merangkak ke dalam lorong sempit dengan kondisi gelap dan sebagian berlantai tanah. Beberapa dinding sudah mulai rapuh dan bolong disana sini

Dengan kondisi tersebut, tak terbayang bagaimana bila hujan deras tiba, air bisa sampai masuk ke dalam rumah. Bila Emak sedang di dalam rumahnya pun, udara sangat pengap terasa karena di rumah Emak tidak ada ventilasi udara sama sekali.

Bantuan untuk Jompo terlantar ini terlaksana berkat kerjasama Yayasan Rumpun Anak Pesisir (YRAP) #OrangBaik Seluruh Indonesia, ZakatHub By Baznas dan kitabisa.com

Bagi #OrangBaik yang ingin ikut berkontribusi untuk menolong jompo lainnya bisa melalui link https://kitabisa.com/zakatpenolongjompoterlantar.

Share:

You may also like