Home Blog Kampanye Zakat untuk Bantu Guru Ngaji di Pelosok

Zakat untuk Bantu Guru Ngaji di Pelosok

Pekerjaan mulia para guru ngaji terkadang luput dari perhatian kita semua. Mereka rela menyita waktu demi mendidik ilmu dasar agama, kepada murid-muridnya. Dengan harapan kelak, ilmu tersebut dapat menjadi pondasi kuat yang menuntunnya kepada jalan kebaikan bagi diri pribadi, keluarga, agama dan bangsa.

Meskipun diketahui, para guru ngaji itu bekerja tanpa pamrih, tanpa gaji maupun honor. Di balik semua itu, sebenarnya mereka sangat butuh bantuan materi untuk kehidupan sehari-hari.

Satu tahun terahir ini Rumpun Anak Pesisir ketemu banyak guru ngaji ketika berkunjung dan membantu pendidikan santri di beberapa wilayah pelosok. Salah satunya Pak Abdul Mutholib (46), warga Kp.Bojong, Desa Sukamanah, Kecamatan Tanara, Serang, Banten.

Pak Tholib mengajar ngaji untuk anak-anak di kampungnya sejak tahun 2015 karena dilingkunganya tidak ada TPA. Mengajar setiap hari dilakukannya tanpa meminta imbalan sepeser pun. Dia hanya mencari ridha untuk mencetak generasi muda yang berahlak baik.

Pak Tholib merupakan kepala keluarga dari 6 orang anak. Kehidupannya pun sangat jauh dari kata mapan. Pekerjaannya sebagai buruh tani tidak menentu dan makin terancam ekonominya kalau gagal panen sebab imbalannya menjadi buruh tani hanya bisa dibayarkan ketika selesai panen padi tiba.

Melihat kondisi perekonomian para pejuang bangsa di bidang pendidikan ini, Rumpun Anak Pesisir tergerak untuk menggalang dana zakat. Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan untuk kemaslahatan guru ngaji, mereka lah para pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu siap mendidik anak-anak bangsa di pelosok negeri secara ikhlas tanpa mendapat gaji sepeserpun. Sedangkan merekapun mempunyai kewajiban lain di keluarga, dan penghasilan mereka sebagai pekerja serabutan, buruh tidaklah mencukupi, bahkan ada yang tak punya penghasilan sama sekali.

Mengapa Yayasan Rumpun Anak Pesisir Berhak Menerima Zakat?

Penerima manfaat dari program yang dijalankan oleh Yayasan Rumpun Anak Pesisir termasuk ke dalam asnaf 8 golongan.

Melalui Kitabisa, Yayasan Rumpun Anak Pesisir telah tergabung dalam jaringan ZakatHub by BAZNAS yang merupakan badan zakat  resmi pemerintah. Dengan ini Anda akan mendapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ) yang dapat dilampirkan saat melaporkan SPT tahunan sebagai pengurang PKP (Penghasilan Kena Pajak).

Seperti Firman Allah dalam Qur’an yang bersabda dalam At-Taubah ayat 103:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Zakat adalah sebuah kewajiban yang harus kita tunaikan, selain itu dengan berzakat kita juga memebersih harta yang kita punya dengan memberikannya kepada yang berhak. Dengan menunaikan zakat insya Allah, semoga Allah bukakan kemudahan dan keberkahan bagi kita semua. Amin.

#OrangBaik kami yakin zakat Anda bisa sangat membantu bagi para pejuang tanpa tanda jasa kita agar hidupnya nanti lebih sejahtera dan berdaya.

Untuk berdonasi silakan klik link berikut ini: https://kitabisa.com/campaign/bantugurungajipelosok

Share:

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.